Ajax Cetak Sejarah Dalam Liga Champions Usai Kalahkan Juve

Ajax Amsterdam berhasil membuat sejarah baru usai berhasil mengalahkan Juventus dengan akhir Agregat 3-2 di pentas Liga Champions babak perempatfinal Liga Champions musim 2018-2019. TIm dengan julukan Die Amsterdammers ini menjadi tim pertama dalam sejarah yang berhasil melaju pada babak semifinal di pentas Liga Champions, yang memulai kompetisi dari babak Kualifikasi II.

Ajax Amsterdam langsung berhasil lolos pada babak fase Grup Liga Champions musim 2018-2019. Karena hanya bisa finish diposisi kedua Liga Belanda musim 2017-2018, Frenkie De Jong dan juga kawan-kawan terlebih dahulu harus mentas pada babak kualifikasi II sebelum akhirnya bisa masuk pada babak fase grup di pentas Liga Champions.

Pada babak itu, Ajax Amsterdam berhasil mengalahkan tim perwakilan dari Austria, Sturm Graz dengan agregat kemenangan 5-1. Dan hasil itu berhasil membuat skuad asuhan Erik Ten Hag masuk pada babak kualifikasi III untuk kemudian menghadapi Standard Liege tim wakil dari Belgia, Melalui permainan yang luar biasa itu Ajax Berhasil lolos dan masuk pada babak Playoff usai berhasil menang dengan agregat 5-2 dari tim yang pernah dibela oleh Marouane Fellaini itu.

Kemudian pada babak Playoff, Ajax Amsterdam berhasil mengalahkan tim perwakilan dari Ukraina, Dynamo Kyiv dan berhasil menang dengan agregat 3-1. Usai menyingkirkan Dynamo Kyiv itulah, Baru Ajax Amsterdam berhasil lolos dan masuk pada babak Fase Grup yang berisikan beberapa tim hebat seperti Bayern Munich, AEK Athena dan Benfica.

Meski sudah cukup lama sekali vakum, Ajax Amsterdam tidak kagok dan terbata-bata saat tampil di pentas Liga Champions. Tim yang pernah juara Liga Champions di musim 1994-1995 ini keluar sebagai runner-up Grup E usai berhasil mendapatkan 12 poin. Bahkan pada dua pertemuan menghadapi Bayern Munich, Ajax Amsterdam sama sekali tidak kalah dan mengkoleksi dua kali imbang.