Aksi Brace Zaniolo Selamatkan AS Roma

UEFA: Aksi Brace Zaniolo Selamatkan AS Roma – Pertandingan antara tim AS Roma melawan tim Porto FC dalam ajang kejuaraan UEFA Champions League musim 2018-2019 di babak-16 besar yang diadakan pada tanggal 13 Febuari 2019 dini hari tadi di Olimpico Stadion telah ditutup dengan hasil akhir 2-1.

Pertandingan yang merupakan laga leg pertama ini berjalan dengan cukup seimbang bagi kedua belah pihak tim, kubu tuan rumah AS Roma dan kubu tim tamu Porto sama-sama mengakhiri babak pertama mereka dengan skor awal tetap 0-0.

Bermain dibabak kedua permainan pun semakin memanas bagi kedua tim. Menit-70 gol pertama dalam pertandingan ini pun  berhasil dimasukkan, gol ini dicetak oleh Nicolo Zaniolo untuk kubu AS Roma. Satu operan voli berhasil diterima oleh Edin Dzeko didalam daerah kotak penalty lawan akan tetapi posisinya yang terlalu tidak memungkinkan baginya untuk menyerang terpaksa membuatnya untuk mengumpankan bola kepada rakan setimnya Zaniolo. Zaniolo sempat dihalangi oleh Alex Telles akan tetapi dirinya berhasil melepaskan tembakkan dari satu celah kecil yang berhasil membuat bola melewati bagian kolong kaki Telles dan langsung masuk kedalam gawang menjadi sebuah gol.

Selang enam menit kemudian pemain kelahiran asal Massa ini kembali mencetak angka untuk timnya AS Roma. Kali ini Edin Dzeko melakukan aksi solo membawa bola kedaerah lawan dan melepaskan satu tembakkan didekat area kotak penalty milik musuh, akan tetapi bola tepat mengenai tiang gawang sebelah kiri dan kemudian Zaniolo datang menyambut bola dengan satu tendangan kaki kiri yang cukup keras untuk menjebol gawang milik Iker Casillas. Skor sementara dipimpin oleh AS Roma dengan 2-0.

Pihak tim Porto yang menempati posisi pertama dalam Grup D di UEFA Champions League musim ini tidak tinggal diam setelah gawangnya kemasukkan 2 gol dalam waktu 10 menit, Porto mencetak gol balasan dalam waktu sekitar 3 menit setelah gol kedua milik Zaniolo dimasukkan. Gol milik Porto ini dimasukkan oleh Adrian Lopez, berawal dari satu umpan jauh yang berhasil diterima dengan sebuah sundulan lemah oleh Adrian Lopez, bola jatuh kekaki Tiquinho dan kemudian dijandikan sebagai sebuah umpan balik kepada Adrian Lopez lagi, bola umpan balik dari Tiquinho melayang dengan indah kedepan gawang dimana tidak ada pemain dari kubu tuan rumah berdiri dan dengan mudahnya Adrian Lopez menyambut bola dengan sebuah tendangan kaki kanan yang membuat bola dengan mulus masuk menjadi gol melalui sisi kiri gawang.

Skor sementara 2-1 unggul AS Roma. Dengan waktu yang tersisa sekitar 10 menitan ini pihak tuan rumah AS Roma memilih untuk bermain aman dengan strategi mengulur waktu, mereka bermain lebih focus bertahan dan mengoper bola dari satu kaki ke kaki pemain yang lainnya hingga pertandingan selesai dan berakhir dengan skor 2-1. Dengan hasil akhir dari pertandingan leg pertama ini maka telah didapat nilai agregat 2-1 unggul AS Roma, pertandingan leg kedua merekan akan dilangsungkan pada tanggal 07 Maret 2019 di Estadio do Dragao rumah milik tim Porto. (as)