Barcelona Dikalahkan Levante Dengan Skor 5-4

LA LIGA : Barcelona Dikalahkan Levante Dengan Skor 5-4 – La Liga pekan ke-37 yang mempertemukan Levante melawan Barcelona di Stadion Ciutat de Valencia pada tanggal 14 Mei 2018 telah berakhir dengan skor 5-4. Akhir dari pertandingan ini membuat tim Barcelona tidak jadi mengakhiri La Liga musim ini dengan rekor tidak terkalahkannya. Dipihak Levante gol-gol nya dimasukkan oleh ; Emmanuel Boateng (menit-9,30,49) dan Enis Bardhi (menit-46,56), sedangkan di pihak Barcelona yang mencetak gol adalah ; Phillippe Coutinho (menit-38,59,64) dan Luis Suarez (menit-71).

Jalan Pertandingan

Babak pertama diawali dengan suksesnya tim tuan rumah mencetak gol. Boateng yang bermain untuk tim Levante dengan cepat berhasil mendapatkan gol pertamanya dimenit-9, Boateng yang melanjutkan assist dari Jose Luis Morales sukses memasukkan bole ke dalam gawang yang di jaga oleh Ter Stegen dengan tendangan kaki kirinya, walau bola sempat membentur mistar gawang namun bola tetap berhasil masuk dan menjadi gol untuk Levante.

Laga yang menjadi 1-0 untuk Levante ini dilanjutkan dengan kedua tim yang saling melancarkan serangan, di sisi Levante yang telah unggul 1 angka terus mencoba untuk menambah keunggulannya dan di sisi lain Barcelona yang telah tertinggal 1 angka terus melancarkan serangan guna untuk mengejar ketinggalannya, namun nasib Barcelona kurang bagus karena harus semakin tertinggal dimenit ke-30 usai Boateng berhasil kembali memasukkan gol ke gawang milik Ter Stegen.

Boateng yang berhasil menerima umpan dari Lukic maju dan membawa bowa melewati Ter Stegen, sempat berhantam badan dengan Nelson Semedo namun Boateng tidak terjatuh dan kemudian berhasil melepaskan tendangan yang membuat bola masuk ke dalam gawang milik tim Barcelona dan menjadi gol kedua untuk Levante.

Barcelona yang telah tertinggal 2-0 pun tidak ingin tinggal diam, timnya langsung melancarkan serangan balik yang mampu menekan permainan tim Levante dan akhirnya berhasil berbuah 1 gol pada menit-38 lewat tendangan Coutinho. Coutinho yang berhasil memainkan umpan satu dua dengan Suarez berhasil mengecoh pemain bertahan Levante yang menghadang Coutinho, kemudian Coutinho yang berada di luar kotak penalti langsung melepaskan tendangan keras kearah gawang, walau bola sempat membentur pemain bertahan nomor 4 milik Levante, namun hal tersebut tidak membuat bola berhenti dan terus melesat maju masuk ke dalam gawang. Skor 2-1 yang berhasil dibuat oleh Barca ini pun terus bertahan hingga akhir babak pertama.

Usai turun minum babak kedua pun dimulai, dibabak kedua ini Levante kembali mengejutkan pemain tim Barca dengan aksi golnya dimenit awal babak kedua. Enis Bardhi yang memanfaatkan umpan assist dari Jose Campana sukses mencatatkan namanya dipapan skor usai memasukkan bola ke gawang Ter Stegen dengan tendangannya. Gol ini langsung membuat pemain tim Barca kehilangan semangat bermain.

Berselang 3 menit setelah Bardhi berhasil mencetak gol, Levante kembali menambah angka menjadi 4-1 dan kali ini Boateng yang memasukkan gol. Boateng yang memanfaatkan umpan dari Antonio Luna Rodriguez berhasil memasukkan gol mudah kedalam gawang Barca. Gol ini berhasil membuat Levante unggul skor 4-1 dan gol ini juga sekaligus menjadi gol ke-3 atau Hattrick untuk Boateng dalam laga ini.

Tim tuan rumah Levante kembali memasukkan gol ke-5 nya lagi dimenit-56. Enis Bardhi yang berhasil menerima umpan assist dari Roger Marti langsung melanjutkannya dengan tendangan kaki kiri, tendangan ini membuat bola melayang melewati Ter Stegen dan masuk ke sudut kiri gawang Barca, gol ini pun menjadi gol ke-2 untuk Levante.

Meski sudah tertinggal 4 angka namun Barca berusaha untuk kembali bangkit dari keterpurukannya, usaha ini pun akhirnya membuahkan hasil lewat Phillippe Coutinho pada menit-59. Gol ini berawal dari kesalahan pemain bertahan Levante yang berusaha membuang bola guna menyelamatkan gawang, namun karena usahanya itu bola justru kembali jatuh ke kaki Coutinho, Coutinho pun kemudian dengan cepat langsung melepaskan tendangan yang membuat masuk dan menjadi gol, skor kini menjadi 5-2.

Memasuki menit-64 Coutinho yang mulai bersemangat kembali memasukkan gol nya yang ke-3, Coutinho yang melepaskan tendangan keras dari lingkaran kotak penalti langsung menjadi gol tanpa berhasil dibendung oleh pemain Levante. Gol ini membuat skor menjadi 5-3 dan gol ini juga menjadi Hattrick bagi Coutinho di laga pertandingan ini.

Memasuki menit-70 Barca kembali mendapatkan kesempatan untuk mempertipis ketinggalannya dari Levante lewat tendangan penalti yang diberikan wasti usai Boateng yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Luis Suarez yang turun menjadi algojo pun tanpa ragu langsung melepaskan tendangan keras yang membuat bola melaju lurus menuju jaring atas bagian dalam gawang dan menjadi gol.

Skor kini menjadi semakin tipis 5-4 dan masih unggul untuk Levante. Disisa waktu babak kedua Barca yang telah kembali bersemangat pun terus mencoba memberikan serangan-serangan yang cukup membuat pemain Levante kewalahan dan sejumlah peluang pun sempat didapatkan oleh tim Barca, namun sayang peluang-peluang tersebut tidak ada yang berhasil menjadi gol hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Laga ini pun akhirnya ditutup dengan skor akhir 5-4 untuk Levante. Meski Barca menerima kekalahan dilaga ini namun posisi nya yang di peringkat ke-1 klasemen Liga Spanyol La Liga dengan total 90 points masih belum tergoyahkan, sedangkan dilain pihak Levante yang berhasil mengalahkan Barca kini berada di posisi ke-15 dengan total 46 points.  ( as )