Barcelona Mengalahkan Valencia Dengan Skor 2-0

MESTALLA : Barcelona Mengalahkan Valencia Dengan Skor 2-0 – Estadio Mestalla yang merupakan stadium milik klub dengan sebutan Los Che menjadi tempat berlangsungnya pertandingan semi final leg kedua antara Barcelona dengan Valencia dalam Copa Del Rey. Barcelona dan Valencia sebelumnya telah bertanding di Camp Nou dalam leg pertama dengan hasil 1-0 Barca sebagai tuan rumah, kali ini dalam leg kedua Valencia mengambil peran sebagai tuan rumah.

Dalam laga leg kedua ini tim Barca lebih untungkan dengan hasil agregat sementaranya 1-0 dari Camp Nou, klub Barca hanya membutuhkan hasil imbang dari laga ini untuk dapat lolos melaju ke babak final. Dalam laga ini tim asuhan Ernesto Valverde sukses mencetak 2 gol, gol pertama dari Philippe Coutinho pada menit ’49’ dan gol kedua dari Ivan Rakitic pada menit ’82’.

Jalan Pertandingan

Babak pertama di mulai dengan kick-off dari Barcelona sebagai tim penantang, kedua tim bermain dengan sangat agresif dari awal hingga akhir babak pertama. Valencia yang sebelumnya kalah di leg pertama tampaknya kini menunjukkan semangat mereka untuk dapat menang di leg kedua ini, dalam waktu yang singkat pemain tim Los Che sudah berhasil merebut bola dari kaki pemain Barcelona. Memasuki pertama Los Che melepaskan serangan pertama nya tetapi serangannya itu belum cukup kuat untuk dapat menembus gawang Jasper Cillesen. Barca yang tidak ingin diam di serang Los Che pun mencoba untuk membalasnya, di menit ke-8 Barca mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti. Lionel Messi yang mengambil peran sebagai penendang bola melepaskan tendangannya ke sudut atas kiri gawang, bola mayang dengan cepat menuju ke gawang, tetapi bola tersebut dapat dihentikan oleh kiper tim lawan.

Los Che membalas serangan Barca dan dilanjutkan dengan Barca yang juga membalas serangan Los Che, kedua tim bermain dengan sengit di babak pertama dengan saling memberikan serangan ke masing-masing tim lawan hingga babak pertama berakhir namun tidak ada penambahan angka untuk masing-masing tim di babak pertama ini. Memasuki babak kedua Valverde menggantikan Andre Gomez dengan Philippe Coutinho, tidak butuh waktu lama setelah Coutinho memasuki lapangan El Barca berhasil menambahkan angka ke papan skor mereka. COutinho yang berhasil memasukkan gol mendapatkan bantuan dari rekan lamanya di Liverpool yakni Luis Suarez. Suarez yang berhasil masuk ke dalam kotak pertahanan sambil membawa bola telah di hadang oleh para pemain tim Valencia, dia langsung melepaskan umpan silang ke arah Coutinho, coutinho yang pada saat itu sadar tidak sempat menerima umpan itu pun langsung menjatuhkan dirinya ke rumput dan menendang bola dalam posisi jatuh . Berkat gol dari Coutinho, Barca menjadi unggul 1-0.

Valencia yang telah tertinggal 1 gol pun tidak berputus asa, mereka memberikan banyak serangan dan tidak sedikit serangan dari Valencia yang hampir masuk ke gawang Barcelona tetapi sayangnya Cillessen menjaga gawangnya dengan sangat baik sekali sehingga tim Valencia tidak berhasil memasukkan bola ke dalam gawangnya. Barca yang sudah unggul 1 gol bermain dengan tenang dan tanpa tergesa-gesa dalam mencetak angka lagi, sampai di menit ke-82 Ivan Rakitic akhirnya memperjelas perbedaan kekuatan antara Barca dan Valencia dengan mencetak gol kedua Barca dalam laga ini. Gol ini berawal dari kesalahan pemain belakang Valencia dalam mengendalikan bola yang akhirnya bola berhasil di rebut oleh Suarez , Suarez yang telah berhasil merebut bola dari lawannya kehilangan keseimbangan dan dengan cepat memberikan operan kepada Rakitic yang pada saat itu tengah melaju ke dalam area kotak dan Rakitic yang telah menerima operan Suarez pun melepaskan tendangannya di dalam area kotak pertahanan musuh dan langsung menjadi gol kedua untuk Barca.

Valencia yang telah tertinggal 2 angka dalam laga ini pun terpaksa menerima kekalahannya, dan pertandingan akhirnya berakhir dengan skor 2-0 untuk Barcelona. Dengan hasil agregat 3-0 akhirnya Barcelona masuk ke dalam partai final Copa Del Rey dan akan menghadapi Sevilla yang mengalahkan Leganes.   ( as ).