Belgia Depak Tunisia Dengan Skor 5-2

WORLD CUP : Belgia Depak Tunisia Dengan Skor 5-2 – Laga kedua Grup G dalam ajang Piala Dunia 2018 telah mempertemukan Belgia dengan Tunisia. Laga ini diadakan di Stadium Spartak pada tanggal 23 Juni 2018 dan ditutup dengan skor 5-2.

Diambil dari situs BBC kedua belah pihak bermain dengan cukup berimbang dengan 49% berbanding 51% dalam penguasaan bola. Pihak Belgia berhasil melepaskan 23 tembakkan dan 12 diantaranya tepat ke gawang, sedangkan Tunisia mencatatkan 16 tembakkan dan 5 diantaranya mengarah ke gawang.

Sepanjang pertandingan ini Belgia berhasil memasukkan 5 gol dan gol-gol ini dimasukkan oleh ; Eden Hazard (2 gol), Romelu Lukaku (2 gol), Michy Batshuayi (1 gol). Dipihak Tunisia sendiri berhasil memberikan perlawanan dengan memasukkan 2 gol, kedua gol ini dimasukkan oleh Dylan Bronn dan Wahbi Khazri.

Diawal permainan babak pertama timnas Tunisia langsung mendapat sebuah musibah dengan dihadiahkannya sebuah tendangan penalti kepada pihak timnas Belgia. Bola penalti ini berawal dari kesalahan seorang bermain bertahan tim Tunisia yang berusaha menggagalkan usaha Eden Hazard dalam mengambil bola, alih-alih menghentikan malah justru usahanya itu membuat Hazard terjatuh tepat di tepi garis area kotak, wasit yang langsung mendekati tepi garis dan menghadiahkan bola penalti kepada Belgia.
Hazard yang kembali berdiri pun menjadi sang eksekutor dan langsung melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang, kiper Ben Mustapha yang terkecoh pun melompat ke arah kanan dan hanya bisa pasrah melihat bola dengan mulus memasuki gawangnya.

Belgia yang kini telah unggul skor 1-0 terus bermain dengan alur yang cukup baik dan hanya dalam waktu 10 menit berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat gol masukkan Romelu Lukaku. Berawal dari kesalahan Ali Maaloul yang gagal menerima operan bola dari rekan setimnya ditengah lapangan, Dries Mertens yang dengan cepat menggapi hal tersebut langsung maju dan merebut bola, Mertens kemudian langsung maju dan memberikan operan kepada Romelu Lukaku yang berada didekat tepi garis. Lukaku yang berhasil menerima bola dengan baik maju sedikit memasuki kotak penalti dan kemudian melepaskan tendangan datar yang dengan mulus masuk kepojok kanan gawang dan menjadi gol kedua bagi Belgia.

Berselang beberapa menit kemudian tercipta kembali gol baru didalam laga ini, kali ini gol masuk untuk pihak Tunisia. Gol ini berawal dari bola bebas yang dieksekusi oleh Wahbi Khazri kedepan gawang, Dylan Bronn yang tepat diposisi pun berebut bola dengan para pemain Belgia dan berhasil menanduk bola dengan kepalanya, bola hasil tandukkan Dylan pun dengan mudah masuk tanpa bisa dihalau oleh kiper Thibaut Courtois dan menjadikan skor 2-1.

Sementara skor kini menjadi 2-1 unggul Belgia, dengan skor yang berbeda tipis kedua tim ini pun terus saling melancarkan serangan guna untuk memasukkan bola kedalam gawang masing-masing lawan. Beberapa kali Tunisia harus menggantikan pemainnya karena mengalami cedera ketika berusaha menghentikan serangan dari pihak Belgia.

Waktu pada babak pertama dan kini pertandingan dilanjutkan dengan waktu tambahan 4 menit yang diberikan. Waktu tambahan hampir habis dan tiba-tiba Belgia berhasil menambah keunggulannya sesaat sebelum waktu habis. Beemula dari Maaloul yang menghentikan bola sebelum keluar dari lapangan, namun bola berhasil diterima oleh De Bruyne dari kubu Belgia. De Bruyne kemudian mengoper bola kepada Thomas Meunier, Meunier yang melihat celah kecil didepannya langsung mengumpankan bola melalui celah tersebut kepada Lukaku yang ada didepannya, Lukaku yang tidak terkawalpun dengan mudahnya memasukkan bola ke dalam gawang. Gol ini pun mengakhiri babak pertama dengan skor 3-1 untuk Belgia.

Bermain dibabak kedua Belgia yang sebelumnya telah unggul 3-1 masih bermain dengan kondisi prima dan langsung saja hanya baru menghabiskan waktu 6 menit dibabak kedua Belgia sudah berhasil kembali menambahkan angka ke papan skor. Gol ini dimasukkan oleh Eden Hazard sesaat setelah menerima umpan dari Toby Alderwireld. Alderwireld memberikan umpan jauh kepada Hazard yang menunggu di depan, Hazard yang tidak terkawal maju memasuki area kotak dan melewati kiper, kemudian melepaskan tembakkan ke arah gawang sesaat sebelum 2 pemain Tunisia berhasil mengejarnya, bola pun sukses masuk menjadi gol ke empat bagi Belgia.

Pertandingan pun terus berlanjut tanpa adanya gol baru yang berhasil dimasukkan hingga menjelang akhir babak. Tepat dimenit-90 Belgia berhasil menjadikan skor 5-1 lewat gol yang dicatatkan Michy Batshuayi. Youri Tielesman yang berada di tengah lapangan melepaskan sebuah umpan jauh, Batshuayi yang telah menunggu didalam kotak penalti pun menyambut bola dengan sempurna dan membuat bola masuk kedalam gawang dengan mudah menjadi gol kelima bagi Belgia.

Memasuki masa Injury Time Tunisia berhasil memasukkan 1 gol yang menjadikan skor 5-2. Khazri yang dengan cerdik memasukkan gol lewat umpan silang yang diberikan dari sisi kanan gawang oleh Hamdi Nagguez. Skor yang kini telah menjadi 5-2 pun terus bertahan hingga wasit membunyikan peluit panjang dan menyatakan pertandingan telah berakhir dengan kemenenangan 5-2 bagi kubu Belgia.  ( as )