Belgia Hajar Kosta Rika 4-1 Jelang Piala Dunia

BRUSSEL : Belgia Hajar Kosta Rika 4-1 Jelang Piala Dunia – Laga uji coba jelang ajang piala dunia 2018 telah mencapai hari terakhir yang dimana telah mempertemukan timnas Belgia dengan timnas Kosta Rika pada tanggal 12 Juni 2018 di King Baudouin Stadium. Dalam laga uji coba hari terakhir ini Belgia yang bermain di rumah sendiri mendapati kemenangan besar dengan skor akhir 4-1, walau tim tamu Kosta Rika sempat lebih dulu unggul 1 angka lewat gol Bryan Ruiz dimenit ke-24, namun Belgia yang sebagai tim tuan rumah sukses mengejar ketinggalannya itu lewat gol yang dicatatkan oleh Dries Mertens (menit-31), Romelu Lukaku (menit-42 dan menit-50), dan Michy Batshuayi (menit-64).

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama Belgia yang bermain sebagai tim tuna rumah mengawali permainan dengan kurang baik, pasalnya Kosta Rika yang menjadi tim tamu berhasil lebih dulu unggul skor 0-1 lewat gol masukkan Bryan Ruiz. Dimenit-24 Celso Borges yang mengirimkan umpan dari luar kotak penalti berhasil digagalkan oleh Jan Vertoghen dengan sundulannya, namun sayang usaha penyelamatan dari pemain bertahan Tottenham ini gagal dan justru berubah menjadi sebuah gol untuk Kosta Rika, pasalnya baola yang disundul Vertoghen jatuh tepat diarah Bryan Ruiz. Bryan yang menyadari hal tersebut langsung mengambil ancang-ancang dan langsung melepaskan tendangan ke arah gawang, bola yang melaju dengan cepat pun masuk tepat ke gawang dengan mudah.

Tertinggal 0-1 dari Kosta Rika membuat tim Belgia bermain dengan lebih agresif dan hanya butuh waktu 6 menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 1 sama. Tepatnya pada menit ke-31 timnas Belgia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol yang dimasukkan oleh Dries Mertens. Bermula dari Eden Hazard yang berada di sisi kanan melepaskan umpan silang kearah sisi kiri gawang, Mertens yang berada di sisi kiri pun maju dengan cepat dan menyambut bola dengan tap-in indah nya yang menjadi sebuah gol.

Berselang 10 menit kemudian tim Belgia kemabli memasukkan gol dan kali ini Romelu Lukaku yang menjadi bintangnya. Lukaku sukses memasukkan gol ini lewat umpan assist dari Dries Mertens. Mertens melepaskan umpan assist dari tepi kotak penalti, Lukaku yang tepat berada di posisi pun melanjutkan umpan dengan tendangan kaki kanannya, bola pun kemudian masuk menghantam jaring dalam bagian atas dan menjadi gol kedua untuk tim Belgia. Gol ini pun sekaligus menutup pertarungan di babak pertama dengan skor 2-1.

Dilanjutkan pada babak kedua timnas Belgia yang telah unggul skor 2-1 pada babak sebelumnya pun tidak mengendurkan intensitas serangannya dalam babak ini. Babak kedua yang baru berjalan 5 menit ini pun telah diwarnai dengan gol dari tim tuan rumah, gol ini dimasukkan oleh Romelu Lukaku tepatnya pada menit ke-50. Lukaku yang gagal mengejar bola yang bergulir ke dalam kotak penalti memutuskan untuk melepaskan pengejaran bola kepada rekan satu timnya Nacer Chadli, Chadli yang kemudian berhasil mendapatkan bola pun melepaskan umpan lambung ke depan gawang, Lukaku yang pada saat itu berada di daerah sekitar pun langsung berlari dengan cepat dan melompat lalu menanduk bola dengan kepalanya, bola pun kemudian masuk ke gawang dan menjadikan skor 3-1 untuk tim Belgia.

Memasuki menit ke-64 Belgia kembali membuat para supporter nya bersorak dengan gol masukkan Michy Batshuayi. Lukaku yang menerima umpan tepat di sisi kiri gawang sesungguhnya memiliki peluang emas untuk mencatatkan Hattrick atas namanya sendiri dalam laga ini, namun Lukaku yang tidak egois pun dengan sengaja melepaskan kesempatan tersebut dan memberikan umpan ke sisi kanan, Batshuayi yang tepat berada di sisi kanan pun dengan mudah menyambut bola dengan kak kirinya dan menjadikan operan terusebut berubah sebagai sebuah gol keempat bagi tim negaranya sendiri.

Skor kini telah dipimpin oleh Belgia dengan angka 4-1, Kosta Rika yang tertinggal cukup jauh pun mengalami kesulitan dalam usaha mengejar kedudukan, terlebih lagi karena laju permainan tim Kosta Rika yang tertinggal cukup jauh membuat timnya sulit untuk mendapatkan kesempatan dalam mencetak gol. Waktu di babak kedua telah habis dan telah masuk ke masa Injury Time, setelah menghabiskan beberapa menit dalam masa Injury Time wasit pun meniupkan pulit panjang tanda berakhirnya pertandingan dan wasit menyatakan dengan resmi timnas Belgia menang dengan skor 4-1.  ( as )