Belgia Pulangkan Brazil Dengan Skor 2-1

WORLD CUP : Belgia Pulangkan Brazil Dengan Skor 2-1 – Pertandingan babak Quarter final ajang Piala Dunia Rusia 2018 antara Brazil dengan Belgia telah mendapati hasil akhir 1-2 kemenangan bagi Belgia. Pertandingan ini diadakan di Stadion Kazan Arena pada 7 Juli 2018 (dini hari).

Walau kubu Brazil lebih unggul dalam penguasaan bola dan jumlah serangan namun sayang timnya hanya berhasil memasukkan 1 gol ke gawang lawan, gol tersebut dimasukkan oleh Renato Augusto pada menit-76 babak kedua. Sedangkan dikubu Belgia berhasil memenangkan pertandingan ini dengan hasil 2 gol, sesungguhnya timnya hanya berhasil mendapatkan 1 masukkan gol dari Kevin De Bruyne pada menit ke-31, namun berkat kecerobohan dari Fernando Luiz Roza yang bermain di tim musuh Belgia pun sukses memastikan timnya masuk kedalam regu tim babak semi final.

Jalan Pertandingan

Pada awal pertandingan Brazil mengawali permainannya dengan buruk sehingga berakhir dengan sebuah hasil gol bunuh diri dari Fernando Luiz Roza, musibah yang diterima oleh Brazil ini berlangsung pada menit ke-13. Berawal dari bola pojok yang dieksekusi oleh Nacer Chadli kedepan gawang, sesampainya bola kedepan gawang Gabriel Jesus berhasil menyundul bola, namun tepat disampingnya ada Fernandinho yang juga melompat tinggi sehingga bola pun membentur lengannya dan bola berbalik arah memasuki gawangnya sendiri, akibat kecerobohan yang dilakukan oleh Fernandinho timnya harus tertinggal 1 gol diawal pertandingan ini.

Dengan keadaan yang tidak menguntungkan ini pun Brazil harus terus melanjutkan permainan, Skuad yang dilatih oleh Tite ini terus berjuang dan berulang-ulang kali melancarkan serangan kekubu musuh, akan tetapi serangan-serangan yang dilancarkan mereka tidak ada yang berubah menjadi sebuah ancaman serius dan tidak menghasilkan satu gol pun.

Alih-alih menyamakan kedudukan malah Brazil justru harus semakin tertinggal setelah Kevin De Bruyne berhasil mengoyak gawang lawan pada menit ke-31. Gol ini berawal dari kubu Brazil yang membiarkan pertahannya lemah dan terbuka lebar, menyadari hal itu tim Belgia pun langsung memanfaatkannya. Romelu Lukaku yang membawa seranga balik dari timnya langsung melesat maju dengan kencang hingga memasuki area kekuasaan lawannya, kemudian Lukaku mengoper bola kearah De Bruyne yang tepat berada disisi kanannya. De Bruyne yang mendekati garis kotak dan tidak dihalangi oleh seorang pemainpun langsung melepaskan tendangan kuat yang membuat bola melesat dengan masuk kedalam gawang dan menjadi gol kedua bagi tim Belgia. Skor 0-2 yang dipimpin oleh Belgia ini pun terus bertahan hingga istirahat turun minum.

Usai istirahat minum babak kedua pun dimulai oleh kedua regu tim. Pada babak ini Brazil langsung tancap gas karena ingin mengejar ketinggalannya dibabak pada babak pertama, namun disisi lain Belgia yang telah unggul 2 gol juga tidak ingin dikejar dan terus memperkuat pertahanannya, sesekali timnya memberikan serangan balik yang cukup berbahaya bagi lawannya.

Menit ke-62 Brazil hampir membuat kesalahan yang sama, kali ini De Bruyne yang membawa serangan balik, De Bruyne maju hingga memasuki daerah kekuasaan lawannya memberikan bola kepada Eden Hazard yang berada di sisi kirinya, berhasil menerima bola Hazard pun memasuki kotak penalti dari sisi kiri dan langsung melepaskan tembakkan, namun bola tidak berhasil memasuki gawang karena sedikit melenceng dari arah gawang.

Memasuki menit-76 akhirnya Brazil berhasil memperpendek jarak menjadi 1-2 lewat goil masukkan Renato Augusto. Renato yang masuk menggantikan Paulinho pada menit ke-73 berhasil memberikan kontribusi sebuah gol untuk timnya. Gol ini berhasil dimasukkan oleh Renato dengan sundulannya pada bola umpan kiriman Philippe Coutinho.

Pertandingan terus dilanjutkan dengan skor 1-2, namun hingga akhir waktu tidak ada perubahan pada papan skor. Setelah mendapat tambahan waktu sebanyak 6 menit pada masa Injury Time kubu Brazil masih belum mampu membuat perubahan pada papan skor sehingga akhirnya wasit Milorad Mazic asal Serbia ini pun meniupkan peluit panjang tanda pertandingan telah selesai. Dengan hasil ini Belgia pun resmi masuk kebabak semi final, sedangkan Brazil yang kalah dalam pertandingan ini pun harus angkat kaki dari ajang Piala Dunia 2018 dan pulang kekampung halamannya sendiri.   ( as )