Gol Lacazette dan Koscielny Beri Kemenangan Untuk Arsenal

PREMIER LEAGUE: Gol Lacazette dan Koscielny Beri Kemenangan Untuk Arsenal  РDalam laga derby London antara tim Arsenal dengan tim Chelsea yang dilangsungkan di Emirates Stadium pada tanggal 20 Januari 2019 kemarin. Pertandingan yang termasuk dalam pekan ke-23 dalam ajang Liga Inggris Premier League ini dimenangkan oleh tim tuan rumah Arsenal dengan skor telak 2-0, Alexandre Lacazette dan Laurent Koscielny masing-maing menyumbangkan satu gol pada babak pertama.

Jalan Pertandingan

Diawal babak pertama tim Arsenal yang menjadi tuan rumah dalam laga ini berhasil mendapat satu peluang bagus untuk mencuri angka, peluang ini datang pada menit ke-4 dari umpan rendah yang dilepaskan Lacazette kepada Aubameyang di depan gawang. Namun sayangnya Aubameyang yang telah sukses menerima umpan gagal menyelesaikan tugasnya dengan baik, ia melepaskan tembakkan yang sedikit melebar dari arah gawang sehingga gol gagal tercipta.

Dua kesempatan lainnya datang pada 15 menit pertama untuk kubu Arsenal, yang pertama pada menit-7 datang dari Sokratis dan yang satunya lagi dari Koscielny pada menit ke-13. Dimenit-7 sebuah bola pojok diumpankan dengan sempurna kedepan gawang dan lalu Sokratis yang melompat paling tinggi menyundul bola dengan keras, akan tetapi bola melenceng dari arah ke gawang sehingga keluar lapangan. Dimenit-13 sebuah tendangan bebas dilepaskan oleh Lucas Torreira hingga sampai tepat didepan gawang dan lalu Koscielny menyambutnya dengan satu tandukkan tepat kegawang, namun kiper Kepa melakukan penyelamatan hebat dan tidak membiarkan bola masuk kedalam gawangnya.

Dilain pihak tim Chelsea yang bermain sebagai tim tamu bukannya tidak memiliki peluang untuk menciptakan keunggulan, mereka sempat mendapatkan beberapa peluang bagus dibabak pertama hanya saja peluang-peluang itu masih gagal dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satu peluang terbaiknya ada pada dimenit-10 disaat sebuah umpan terarah dikirim oleh Cesar Azpilicueta dari luar kotak penalti, bola masuk hingga ke bagian tengah area kotak penalti milik tim Arsenal dan lalu disambut dengan satu tendangan oleh Eden Hazard, tetapi sayangnya bola hanya sedikit keluar ke sisi kanan gawang dan langsung gagal masuk menjadi gol.

Memasuki menit ke-14 pertandingan akhirnya Arsenal yang telah tampil offensive sejak awal laga pun sukses menciptakan keunggulan miliknya. Satu bola pojok yang dioper kepada Hector Bellerin dengan baik berhasil diumpankan ke Lacazette yang telah bersiap didalam kotak, Lacazette kemudian membawa bola melewati 1-2 orang pemain tim lawan dan lalu melepaskan tendangan yang langsung masuk kedalam gawang.

Skor sementara dipimpin Arsenal dengan 1-0, ketika dipertengahan babak pertama permainan dari kedua tim semakin memanas. Menit-24 Chelsea hampir saja membobol gawang milik lawannya jika saja tendangan dari Jorginho tidak melayang terlalu tinggi diatas gawang. Dimenit ke-36 Arsenal sukses melancarkan serangan yang tajam ke pihak lawannya, dari sisi kiri sebuah umpan sempurna dikirim kedepan dan lalu Aubameyang melakukan aksi terbang tendangan salto yang sayangnya bola mengarah terlalu jauh dari gawang untuk bisa masuk menjadi sebuah gol.

Selang dua menit kemudian Arsenal akhirnya benar-benar berhasil mencetak gol keduanya dalam laga ini. Sebuah umpan voli dilepaskan oleh Sokratis dari depan area kotak penalti, bola kemudian menungkik dengan tajam didepan gawang dan tandukkan Koscielny manyambung bola jatuh itu untuk masuk kedalam gawang. Lewat gol ini skor pertandingan berganti menjadi 2-0 dan lalu skor ini terus bertahan hingga babak pertama selesai.

Dibabak kedua tim yang telah memimpin dua angka dari babak sebelumnya tampak bermain dengan lebih santai dan lebih berfokus pada pertahanannya, dilihat dari situasinya pihak Arsenal lebih memilih untuk bermain aman dan memperkuat pertahanan mereka. Tercatat ada 3 pergantian pemain yang dilakukan oleh tim Arsenal, Aaron Ramsey dan Lacazette dikeluarkan dari lapangan dan kemudian digantikan oleh Maitland-Niles dan Alex Iwobi, lalu dimenit ke-72 nya Hector Bellerin digantikan posisinya oleh Mohamed Elneny.

Dipihak lain tim Chelsea juga melakukan 3 pergantian pemain disepanjang babak kedua ini, mereka melakukan pergantian pemain dengan jarak waktu tertentu karena timnya harus lebih berfokus pada kondisi menyerang agar dapat mengejar ketinggalannya. Menit-63 Mateo Kovavic ditukar dengan ross Barkley, 5 menit kemudian giliran Willian yang ditarik keluar dan Olivier Giroud yang dimasukkan, selang agak sedikit lebih lama barulah Pedro di istirahatkan dan digantikan dengan Callum Hudson-Odoi. Dibabak kedua ini kebanyakkan bola dikuasai oleh tim Chelsea, namun mereka kesulitan untuk mendapatkan celah mencetak angka. Skor 2-0 dari babak sebelumnya pun akhirnya terus bertahan hingga pertandingan ini selesai.

Kini dalam klasemen Premier League posisi puncaknya masih dihuni oleh Liverpool dengan 60 point. Arsenal yang menang dalam pertandingan ini sekarang telah berhasil mengumpulkan poin yang sama dengan Manchester United yaitu 44 point dan mengisi peringkat ke-5 dalam klasemen, sedangkan dipihak lain tim Chelsea yang kalah dalam laga ini masih tetap menempati posisi sebelumnya peringkat-4 dengan total 47 poin yang telah mereka kumpulkan sebelumnya.  (as)