Gol Semata Wayang Harry Kane Selamatkan Hotspur

LONDON: Gol Semata Wayang Harry Kane Selamatkan Hotspur – Babak semi-final putaran leg pertama antara tim Tottenham Hotspur dengan tim Chelsea dalam ajang kejuaraan Piala Liga telah dilangsungkan di Wembley Stadium, pertandingan yang digelar pada tanggal 09 Januari 2019 ini berakhir dengan skor 1-0 unggul tim Hotspur. Kemenangan yang didapat Hotspur dalam pertandingan berasal dari gol semata wayang yang berhasil dicetak oleh Harry Kane pada pertengahan babak pertama lewat satu tendangan penalti yang dieksekusinya.

Jika diamati dengan lebih seksama maka kita dapat melihat bahwa dalam pertandingan ini tim Chelsea yang menjadi pihak tim tamu ini berhasil mendapatkan persentase penguasaan bola yang lebih besar dari tim Hotspur, Chelsea memimpin penguasaan bola dengan persentase sebesar 58% serta mereka juga berhasil melepaskan 17 tembakkan ke gawang, sedangkan untuk tim tuan rumah Hotspur mereka hanya berhasil mendapat 42% jumlah penguasaan bola dan juga hanya dapat mencatatkan 6 tembakkan ke arah gawang.

Pada babak pertama tim Chelsea memulai pertandingan dengan permainan yang sangat baik, mereka sempat beberapa kali melepaskan tendangan yang langsung tepat mengarah ke gawang akan tetapi kiper Paulo Gazzaniga yang telah siap untuk pertandingan ini berhasil mengamankan setiap bola yang ditendang oleh para pemain Chelsea dengan sempurna. Disisi lain tim Hotspur bermain dengan pola permainan yang lebih aman, mereka lebih memilih untuk bermain bertahan dan sesekali melancarkan serangan balasan yang tajam dari pada terus melancarkan serangan yang tidak dapat memberikan mereka hasil.

Memasuk menit ke-24 sebuah umpan panjang telah dilepaskan ke arah kotak penalti dan disaat itu Harry Kane yang berlari sendirian dengan cepat berhasil mengejar bola hingga masuk kedalam bagian kotak penalti, namun ketika kakinya baru saja berhasil menyentuh bola dirinya malah dibuat jatuh oleh kiper Kepa Arrizabalaga. Akibat perbuatan kasar dari kiper Kepa ini pihak Tottenham pun diberikan hadiah satu buah bola penalti. Kane yang bangkit mengambil peran untuk mengeksekusi bola penalti ini, setelah dirinya mengambil napas sejenak dan telah siap ia pun melesatkan tendangan ke arah pojok kiri gawang yang dengan mulus sukses masuk menjadi gol. Skor menjadi 1-0 dan skor ini terus bertahan hingga babak pertama selesai.

Dibabak kedua permainan pun kembali dilanjutkan, dalam babak ini Chelsea kembali bermain dengan serangan yang lebih agresif, salah satu serangan paling berbahaya yang berhasil diluncurkan oleh tim Chelsea ada pada menit ke-59 dimana sebuah tendangan pojok yang berhasil jauh disisi kiri gawang dan kemudian disambar oleh Andreas Christensen, namun sayangnya kesempatan ini terbuang percuma karena Christensen melepaskan tendangan dengan posisi kaki yang tidak tepat sehingga bola mengarah ke sisi luar tiang gawang.

Skor 1-0 masih terus bertahan hingga pertandingan memasuki menit-menit akhir, di sepuluh menit terakhir pertandingan tim Chelsea sempat melakukan dua kali pergantian pemain, mereka menarik keluar Harry Kwins dan Christian Eriksen lalu memasukkan Oliver Skipp dan Fernando Llorente untuk menggantikan posisi mereka. Permainan terus berlanjut tanpa ada satu golpun yang berhasil dimasukkan pada babak ini sehingga pertandingan pun ditutup dengan hasil akhir 1-0.

Kini Tottenham memimpin dengan nilai agregat sementara 1-0 dan kedua tim ini akan kembali bertandingan pada pertandingan putaran leg kedua mereka di Stadium Stamford Bridge pada tanggal 25 Januari 2019 mendatang nanti.  (as)