Kroasia Mengalahkan Inggris 2-1 Pada Pertandingan Semifinal

LUZHNIKI : Kroasia Mengalahkan Inggris 2-1 Pada Pertandingan Semifinal – Ajang kejuaran Piala Dunia Rusia 2018 yang telah sampai pada tahap babak Semifinal telah hampir selesai, pertandingan yang akan dimainkan oleh Kroasia dengan Inggris ini merupakan pertandingan terakhir dalam tahap babak Semifinal. Pertandingan yang dilangsungkan di Stadium Luzhniki pada hari Kamis, 12 Juli 2018 ini berlangsung dengan cukup panjang dan diakhiri dengan skor akhir 2-1 kemenangan untuk pihak tim Kroasia setelah memainkan permainan hingga babak Extra Time. Dari Kroasia timnya mendapatkan hasil 2 gol dari Ivan Perisic dan Mario Mandzukic, sedangkan dipihak Inggris timnya hanya berhasil membuat catatan satu gol dari Kieran Trippier.

Jalan Pertandingan

Pada laga pertandingan ini pihak timnas Inggris mengawali permainan dengan sangat baik dan berhasil membuat sebuah keunggulan dengan cepat pada awal permainan. Hanya dalam waktu 5 menit tim dengan julukan The Three Lions ini membuat skor berubah menjadi 0-1 untuk timnya lewat gol yang berhasil dimasukkan oleh Kieran Trippier. Gol ini berawal dari sebuah tendangan bebas yang diberikan kepada kubu Inggris didepan area kotak, Kieran yang pada saat itu diberikan tugas untuk mengeksekusi bola bebas tersebut pun melepaskan sebuah tendangan melengkung yang membuat bola melewati para pemain dan masuk kedalam gawang milik tim Kroasia.

Skor 0-1 diawal pertandingan ini pun menjadi sebuah kondisi yang tidak baik bagi timnas Kroasia, namun meski begitu tim dengan nama Vatreni ini tidak menyerah dan terus mencoba untuk mengembalikan kedudukan menjadi seimbang lewat serangan-serangan yang berulang kali dilancarkan oleh para pemainnya. Ancaman pertama yang berhasil diberikan Kroasia berasal dari serangan Ivan Perisic, Perisic masuk ke lini pertahanan tim Inggris melalui sisi sayap kanan, namun serangan ini masih gagal untuk menjadi sebuah gol.

Beberapa menit kemudian Perisic kembali memberikan ancaman kepada tim musuhnya, kali ini Perisic membawa bola dari tengah lapangan sampai ke area kotak, sesampainya diarea kotak penalti dirinya langsung melepaskan tembakkan kearah gawang, sayang bola kembali gagal masuk karena masih sedikit melebar dari gawang.

Inggris yang tidak ingin diam karena terus digempur oleh musuhnya pun mulai melancarkan serangan balik yang tajam, skuad yang dibimbing oleh Gareth Southgate sempat beberapa kali hampir menambah jumlah keunggulannya. Menit ke-29 Harry Kane mengancam gawang Kroasia lewat tendangannya, namun bola masih berhasil dihalau oleh kiper Subasic.

Berselang beberapa menit kemudian Inggris kembali memebreikan ancaman, kali ini Dele Alli yang berada disisi kiri menerima umpan dari Kane, kemudian Alli mengoper bola kepada Lingard, Lingard yang pada saat itu berada ditepi kotak pun langsung melepaskan tendangan, akan tetapi kesempatan tersebut kembali gagal dimaksimalkan lagi. Skor 0-1 yang dipimpin oleh kubu Inggris ini pun akhirnya terus bertahan hingga babak pertama selesai.

Usai para pemain kembali memasuki lapangan babak kedua pun segera dimulai. Pada babak ini Inggris masih tetap bermain dengan intesitas serangan yang cukup tinggi. Namun nasib berkata lain karena ternyata dibabak ini kubu Kroasia lah yang lebih dulu berhasil mencetak gol dan menyamakan skor menjadi 1-1. Gol ini terjadi pada menit ke-68 dan dimasukkan oleh Ivan Perisic. Bermula dari Sime Vrsaljko yang berada diluar area kotak mengirimkan umpan voli kedepan gawang, tepat didepan gawang Perisic dengan Walker pun saling berebut bola dan ternyata Perisic lah yang berhasil lebih dulu menyentuh bola dengan sontekan kaki kirinya, bola yang berhasil mengenai kaki Perisic pun berakhir didalam jaring gawang sebagai sebuah gol.

Kedudukan kini menjadi 1 sama, dengan kedudukan yang berimbang ini kedua belah pihak tim pun sama-sama semakin meningkatkan tingkat serangan yang dilancarkan mereka. Meskipun kedua tim telah meningkatkan laju serangannya namun skor ini tetap tidak mengalami perubahan sedikitpun hingga waktu babak kedua habis dan masuk kemasa Injury Time.

Dimasa Injury Time Inggris sempat memberikan sebuah ancaman kegawang tim Kroasia lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Trippier, bola yang ditendang oleh Trippier melambung melewati pagar betis yang berada didepannya, tepat diposisi Kane melompat dan menyundul bola, namun bola gagal mengarah kedalam gawang karena melambung terlalu tinggi dan melewati mistar gawang. Hingga masa Injury Time habis akhirnya skor pun masih berada pada titik 1-1 sehingga pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke babak Extra Time.

Pada babak Extra Time pertama masing-masing tim saling mengganti para pemainnya. Hingga 15 menit babak Extra Time pertama masih belum ada gol yang berhasil dimasukkan. Dilanjutkan ke babak Extra Time kedua, dibabak ini kubu Kroasia tampak bermain dengan lebih tenang guna untuk membangun serangan dan betul saja tim ini berhasil menciptakan keunggulan dengan satu gol yang berhasil dimasukkan oleh Mario Mandzukic. Setelah berhasil lolos dari kawalan Mandzukic langsung bergerak maju kedepan gawang dan dengan cepat langsung melepaskan tendangan di depan gawang, karena para pemain tim Inggris gagal mengantisipasi tendangan tersebut akhirnya bola pun masuk dan menjadikan skor 2-1 untuk Kroasia.

Tersisa 10 menit dibabak kedua Extra Time ini dan skor untuk sementara dipimpin oleh Kroasia dengan 2-1, dalam keadaan ini Inggris pun berjuang keras untuk menyetak angka, namun hingga akhir waktu babak Extra Time kedua kubu tim Inggris masih belum berhasil memasukkan gol sehingga pertandingan ini pun ditutup dengan skor akhir 2-1 kemenangan bagi tim Kroasia. Dengan hasil ini maka sudah dapat dipastikan bahwa Kroasia akan menghadapi Perancis pada babak Final nanti, sedangkan dipihak lain Inggris nanti akan menghadapi Belgia untuk memperebutkan posisi Juara ketiga dalam ajang kejuaraan FIFA Piala Dunia 2018 ini.  ( as )