LEGENDA MARIANO MARTIN

Sebagai pecinta Barcelona kita wajib mengenali satu persatu legenda-legenda yang ada di sana, dan berbicara mengenai legenda Mariano Martin adalah salah satu pemain legenda Barcelona yang patut kita ingat karena ia adalah pemain yang punya skill dan kecepatan yang luar biasa.

Mariano Martin dikenal sabagai striker yang bebahaya di depan gawang. Ia memiliki kecepatan, skill, keberanian, heading yang tajam, dan kemampuan positioning (ketepatan posisi) yang bagus sehingga bisa mencptakan banyak gol bagi klubnya.  Pemain kelahiran 20 Oktober 1919 ini bergabung dengan FC Barcelona pada tahun 1940 setelah sebelumnya bermain di tim junior Penya Font.

Selama empat musim bergabung dengan skuat FC Barcelona, Mariano Martin sukses menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu musim liga dengan 30 gol yang diciptakannya musim 1942/43.

Namun, kesuksesan Martin menjadi meraih Trofi Pichici pertama bagi FC Barcelona ini tidak dibarengi dengan kesuksesan klub. Blaugrana tidak mendapat titel apa pun di musim tersebut, termasuk di ajang Copa del Generaliso atau yang sekarang bernama Copa del Rey.

Martin memiliki 112 penampilan di La Liga untuk FC Barceloan dengan total 98 gol. Martin pun bermain bagi Tim Nasional Katalunya dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Tim Nasional Katalunya dengan jumlah enam gol.

Namun, karier Martin menurun ketika dirinya cedera lutut kala membela Tim Nasional Katalunya. Meski bisa sembuh, Martin tetap  bisa kembali ke performa semula. Martin akhirnya pindah ke klub Gimnastic Taragona setelah pada musim sebelumnya (1947/48) ia tidak memiliki klub.