Liverpool Tinggalkan AS Roma Dengan Agregat 7-6 Dan Masuk Ke Babak Final

ROMA : Liverpool Tinggalkan AS Roma Dengan Agregat 7-6 Dan Masuk Ke Babak Final – Babak semifinal putaran Leg kedua antara AS Roma dengan Liverpool dalam ajang Champions League yang diadakan pada tanggal 3 Mei 2018 di Stadion Olimpico telah diakhiri dengan skor 4-2. Walau Liverpool mengalami kekalahan saat bermain di leg kedua ini namun timnya tetap dinyatakan menang dan berhak lolos masuk ke babak final, karena sebelumnya dilaga leg pertama Liverpool berhasil mendapat nilai agregat 5-2 dan dengan ditambah hasil dari laga di leg kedua maka total nilai agregat menjadi 7-6, berkat total nilai agregat 7-6 ini lah Liverpool dinyatakan menang dan AS Roma dinyatakan kalah.

Jalan Pertandingan

Diawal pertandingan babak pertama Liverpool yang bermain sebagai tim tandang tampak bermain dengan agresif dan berhasil memasukkan gol pertamanya dipertandingan ini pada menit ke-9 lewat tendangan Sadio Mane. Gol ini berawal dari kesalahan pemain AS Roma yang melakukan kesalahan dalam mengoper bola, akibatnya bola berhasil di rebut oleh Roberto Firmino pemain dari tim Liverpool, Firmino kemudian maju dan memberikan umpan terarah kepada Mane, Mane yang pada saat itu langsung berhadapa dengan kiper Alisson Becker pun dengan mudahnya melepaskan tendangan yang membuat bola masuk ke dalam gawang tim Roma.

Skor sekrang menjadi 0-1 untuk tim Liverppol, namun sayangnya skor ini tidak bertahan lama karena tim Roma berhasil menyusul skor menjadi 1-1 pada menit-15 lewat kesalahan dari James Milner, pemain dengan posisi gelandang milik tim Liverpool ini melakukan sebuah kesalahan yang mengakibatkan gawangnya kemasukan gol. Gol ini awalnya berasal dari kemelut yang terjadi didalam kotak penalti tepat didepan gawang tim Liverpool, Dejan Lovren yang bermain sebagai pemain bertahan mencoba untuk menghalau bola dan menendang bola untuk menjauhi area gawang, namun tendangannya itu tidak membuat bola menjauh dari area gawang tetapi justru bola mengarah kepada James Milner yang pada saat itu tepat didepan gawang dan akhirnya bola pun dengan kuat mengenai kepala Milner dan memantul masuk kedalam gawang, dan skor pun menjadi kembali imbang 1-1.

Memasuki menit ke-25 Geoginio Wjnaldum berhasil membuat timnya Liverpool kembali unggul dengan skor 1-2. Gol ini berawal dari kesalahan Edin Dzeko ketika menyundul bola di depan gawang, alih-alih menjauhkan bola dari area gawang malah Dzeko justru membuat bola berbalik kembali mendekati area gawang, disaat itu Giorginio Wijnaldum yang bermain sebagai pemain pinjaman dari Newcastle United untuk tim Liverpool datang dengan sundulannya yang membuat kiper Alisson tidak dapat berkutik dan hanya dapat melihat bola masuk kedalam gawangnya.

Skor 1-2 ini berarti menyatakan bahwa kini Liverpool telah unggul jauh dengan nilai Agregat 7-3 dan hal ini membuat tim Roma harus bermain dengan lebih ekstra guna untuk mengejar ketinggala nilai Agregat 7-3 ini. Roma sempat beberapa kali mendapat peluang untuk melepaskan tembakan ke arah gawang milik Liverpool, namun tembakan yang dilepaskan oleh pemain tim Roma tidak ada satupun yang berhasil masuk ke dalam gawang, dan babak pertama pun akhhirnya berakhir dengan skor 1-2.

Bermain dibabak kedua terlihat dari awal babak para pemain tim Roma langsung mencoba untuk menekan permainan dari tim tuan rumah, dan taktik ini ternyata berhasil membuat tim Roma mendapat kan 1 gol diawal permainan babak pertama lewat gol yang dimasukkan oleh Edin Dzeko pada menit-52. Gol ini berawal dari tendangan El Shaarawy yang gagal masuk dan berhasil di halau oleh kiper Loris Karius, namun bola yang di tepis oleh Loris kembali bergulir ke arah Edin Dzeko, Dzeko kemudian dengan baik langsung memanfaatkan kesempatan tersebut dan memasukkan bola ke dalam gawang Liverpool dengan sempurna dan dengan seketika skor pun menjadi imbang 2-2.

Memasuki menit ke-86 Roma kembali berhasil menambah skor menjadi 3-2 lewat gol jarak jauh yang dimasukkan oleh Radja Nainggolan. Pemain asal Belgia dengan nomor punggung 4 ini berhasil memasukkan gol nya lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, tendangan keras yang dilepaskan oleh Nanggolan berhasil masuk dengan mulus kedalam gawang yang dijaga oleh Loris Karius. Berkat gol ini Roma sekarang berhasil mempertipis jarak nilai agregatnya menjadi 5-7.

Memasuki masa Injury Time dibabak kedua Nainggolan berhasil kembali memasukkan 1 gol untuk timnya lewat tendangan penalti. Nainggolan yang naik sebagai eksekutor dengan cepat mengeksekusi bola penalti dengan tendangan keras lurus ke tengah gawang dan bola pun dengan cepatnya melaju masuk menghantam jaring gawang dan menjadi sebuah gol untuk tim Roma. Kini Roma telah berhasil mendapatkan skor 4-2 dan berhasil mempertipis jarak nilai agregat menjadi 6-7.

Namun sayangnya waktu Injury Time telah habis dan pertandingan pun di akhiri dengan skor 4-2 dan nilai agregat akhir 6-7 untuk Roma. Dengan hasil ini maka Liverpool dinyatakan lolos memasuki babak final dengan nilai agregat 7-6, dan akan menghadapi tim Real Madrid di laga pertandingan babak final pada tanggal 27 Mei 2018 di Stadion Olimpiade Kiev.  ( as )