Madrid Juarai Liga Champion Usai Menang 3-1 Dari Liverpool

CHAMPIONS LEAGUE : Madrid Juarai Liga Champion Usai Menang 3-1 Dari Liverpool – Real Madrid sukses kembali menjadi juara dalam ajang Champions League musim 2017/2018, gelar juara ini berhasil didapatkan Madrid usai mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1 dalam laga final yang diadakan di Olimpiade Kiev Stadium pada tanggal 27 Mei 2018 ( WIB dini hari ). Kemenangan ini sendiri telah membuat Madrid berhasil mencatatkan rekor sejarah dengan berhasil menjuarai Liga Champions sebanyak tiga musim berturut.

Jalan Pertandingan

Pertandingan diawali dengan kick-off dari tim Liverpool, Liverpool dengan cepat langsung membangun serangan yang berhasil menekan permainan dari tim Madrid dimenit-menit pertama awal pertandingan. Gawang milik Madrid sempat beberapa kali hampir terancam, namun berkat pertahanan yang kuat dari skuat bertahan dan sang kiper Keylor Navas gawang pun berhasil aman dari kebobolan.

Usai setengah jam pertandingan berjalan kedua kubu tim pun harus rela kehilangan kekuatan besar dari timnya. Menit ke-31 Liverpool terpaksa menarik keluar sang bintang tim Mohammed Salah karena cedera bahu yang dialaminya usai berlaga bahu dengan Sergio Ramos. Beberapa menit kemudian Madrid pun juga menarik Daniel Carvajal dari lapangan, pemain bertahan asal Leganes terpaksa ditarik keluarkan karena mengalami cedera pada engkel kaki karena salah meletakkan posisi pijakannya.

Usai kedua tim menarik keluar masing-masing pemainnya laju permainan pun mulai menurun, namun pihak Liverpool lebih merasakan dampaknya karena kehilangan pemain Ace nya. Dipihak lain Madrid yang menyadari kelemahan Liverpool karena hilangnya seorang Mohammed Salah pun langsung meningkatkan keagresifan serangannya, usaha ini berhasil bagus untuk Madrid karena berhasil membuat tim Liverpool tertekan dan sulit untuk melancarkan serangan, namun sayangnya pertandingan ini terus berlangsung dengan skor 0-0 hingga waktu dibabak pertamapun habis dan berakhir.

Dilanjutkan dibabak kedua kali ini Madrid yang memulai Kkick-off. Dibabak ini Madrid tampak lebih fokus terhadap pola serangannya, terbukti dari baru 2 menit babak kedua dimulai dan Madrid sudah berhasil membahayakan gawang milik Liverpool, namun sayang peluang ini gagal dimaksimalkan Madrid menjadi sebuah gol. Tiga menit kemudian Madrid berhasil mendapatkan peluang emas lagi untuk mencetak gol dan kali ini peluang tersebut berhasil dimanfaatkan dengan maksimal oleh Karim Benzema. Tepatnya dimenit ke-50 Benzema berhasil memasukkan gol pertama Madrid, gol ini berasal dari kesalahan kiper Loris Karius, Karius yang mencoba untuk membuang bola tidak memperhatikan keberadaan Benzema yang tepat di depannya, Benzema yang melihat celah itu pun dengan cepat langsung menghadang bola lemparan Karius dan bola pun berbalik bergulir masuk kedalam gawang Liverpool.

Liverpool yang telah kehilangan satu angka pun tidak tinggal diam dan langsung melancarkan serangan balasan, serangan balik dari Liverpool ini dengan cepat berhasil menjadi gol penyama kedudukan. Hanya berselang 4 menit Liverpool berhasil mengejar ketinggalannya. Berawal dari tendangan sudut yang berhasil disundul oleh Dejan Lovren, bola sundulan Lovren gagal mengarah kegawang milik Keylor Navas, namun dengan cepat sebelum Navas berhasil menangkap bola Sadio Mane meloncat kedepan dan menyambut bola dengan kaki kanannya, bola pun berakhir menjadi sebuah gol yang masuk ke gawang Madrid.

Skor kembali berimbang 1-1 untuk kedua pihak tim. Karena skor masih imbang hingga babak kedua ini, sang manager tim Madrid Zinedine Zidane pun akhirnya memutuskan untuk memasukkan Gareth Bale kelapangan dengan menggantikan posisi Isco. Masuknya Bake kelapangan membawa daya tarik tersendiri bagi tim Madrid, terukti baru 2 menit Bale masuk ke lapangan Madrid langsung sukses membuat jarak skor dengan Liverpool menjadi 2-1. Pada menit-63 Bale yang berposisi tepat di tengah dalam kotak penalti tim musuh menyambut umpan lambung dari Marcelo dengan atraksi tendangan salto, tendangan ini membuat bola melayang melwati para pemain bertahan Liverpool dan menungkik masuk ke dalam gawang melewati kiper Karius.

Memasuki menit ke-83 Bale kembali memberikan kontribusi 1 gol lagi untuk Madrid, gol ini berhasil dimasukkan Bale dari luar area kotak penalti. Bale yang berada diluar kotak penalti melihat area pertahan tim musuh kosong tanpa adanya seorang pemainpun selain kiper Karius, melihat tersebut Bale pun mengambil ancang-ancang dan melepaskan tendangan jarak jauh dari posisinya langsung, Karius yang melihat Bale melepaskan tendangan dari jarak yang jauh pun dengan percaya diri langsung melompat dan menepis bola dengan kedua tangannya, namun akibat tendangan Bale yang terlalu kuat bola yang ditepis oleh Karius pun berbelok kearah kanan dan terus melaju masuk kedalam gawang. Dengan ini Madrid pun berhasil membuat jarak aman dengan skor 3-1.

Skor 3-1 ini membuat para pemain Liverpool merasa lesu karena telah mengetahui kekalahannya, namun walau begitu Liverpool tetap mencoba untuk bermain hingga pertandingan berakhir. Tidak lama kemudian wasit pun menarik peluit panjang tanda pertandingan telah berakhir. Dengan ini Madrid pun resmi membawa pulang Trofi Liga Champion, dan kemenangan ini juga telah memberikan rekor menjadi juara Liga Champions sebanyak 3 kali berturut dalam 3 musim.   ( as )