Perancis Pulangkan Argentina Dengan Kemenangan 4-3

WORLD CUP : Perancis Pulangkan Argentina Dengan Kemenangan 4-3 – Laga pertama dalam babak 16 besar ajang Piala Dunia Rusia 2018 diawali dengan pertandingan antara Perancis dengan Argentina, laga pertandingan ini diadakan di Stadium Kazan Arena pada tanggal 30 Juni 2018.

Laga ini dianggap sangat penting untuk setiap kubu yang mengikuti pertandingan, pasalnya dalam babak 16 besar ini pihak manapun yang kalah tidak akan dapat lenjut ketahap berikutnya dan sebaliknya regu tim yang menang sajalah yang akan menginjakkan kaki ketahap berikutnya babak perempat final.

Dibabak pertama kedua tim yang bermain dengan serius tampak sangat berhati-hati dalam membangun serangan dan mengatur pertahanan. Argentina sukses melancarkan serangan pertama dalam babak ini, namun serangan yang dibawa oleh Angel Di Maria pada menit ke-4 harus berakhir dengan bola yang melayang diatas mistar gawang.

Beberapa menit kemudian Perancis balik menyerang lewat usaha Kylian Mbappe, namun pemain muda yang melaju dengan cepat itu dijatuhkan oleh Javier Mascherano sebelum berhasil memasuki kotak penalti, karena tindakan yang dilakukan Mascherano wasit pun memberi hadiah tendangan bebas kepada Perancis. Antoine Griezmann yang mengambil kesempatan sebagai eksekutor pun menendang bola dengan kuat ke arah gawang tetapi sayangnya bola tidak berhasil masuk karena membentur mistar gawang.

Berselang beberapa menit kemudian Perancis kembali berhasil membuka peluang lewat usaha Mbappe yang berhasil membawa bola hingga kedalam kotak, namun Mbappe kembali dijatuhkan lagi oleh pemaiin dari tim Argentina, karena tindakan kasar yang dilakukan oleh Marcos Rojo didalam area kotak dirinya pun diberikan sebuah kartu kuning dan pihak Perancis diberikan hadiah sebuah bola penalti.

Sama seperti sebelumnya Antoine Griezmann lagi yang bertindak sebagai eksekutor hadiah dari wasit. Griezmann yang dengan percaya diri melepaskan tendangan datar yang sedikit mengarah kekanan gawang, Franco Armani yang pada saat itu menjadi sang kiper terkecoh dan melompat ke sisi kiri gawang sehingga bola dengan mudahnya memasuki gawang dan menjadi gol pertama dalam laga pertandingan ini.

Tertinggal dengan skor 1-0 ini pun membuat tim dengan nama La Albiceleste ini bermain dengan ekstra dan menekan permainan dari tim lawannya. Walau pelan namun usaha dari La Albiceleste ini berhasil membuahkan hasil yang membuat skor menjadi seimbang 1-1.

Gol ini dimasukkan oleh Angel Di Maria pada menit ke-41, berawal dari Ever Banega yang mengirimkan operan bola dari sisi kiri lapangan ke Angel Di Maria yang berada di arah tengah depan kotak. Di Maria yang masih berada diluar kotak melihat bahwa bagia dalam kotak penalti kosong dan tidak dihalangi pemain, setelah menyadari hal tersebut Di Maria pun langsung melepaskan tendangan keras dari posisinya itu, bola yang dengan kencang melaju ke pojok kanan atas gawang pun masuk tampa bisa dihentikan oleh kiper Hugo Lloris dan menjadi gol penyam kedudukan bagi Argentina. Skor ini pun terus bertahan hingga istirahat turun minum.

Pertandingan dilanjutkan dibabak kedua, pada babak ini Argentina sukses membuat keunggulan diawal babak lewat gol yang berhasil masuk pada menit-48. Bermula dari Lionel Messi yang berhasil menerima bola didekat gawang tim Prancis, kemudian Messi membawa bola memutar sebentar sebelum akhirnya bola tersebut ditembakkan ke arah gawang, bola tendangan Messi berhasil melewati 3 pemain yang menghalangnya dan kemudian membentur kaki rekan setimnya Gabriel Merado sebelum bola berakhir didalam gawang.

Merasa tertinggal karena skor telah berubah menjadi 1-2 kubu Perancis pun langsung berusaha melancarkan serangan balasan dan hanya kurang dari 10 menit Perancis pun sukses kembali menyamakan skor menjadi 2 sama lewat gol masukkan Benjamin Pavar. Benjamin berhasil memasukkan gol ini dari luar kotak penalti setelah berhasil menyambar bola terobosan yang dikirm oleh Lucas Hernandez dari sisi kiri kotak penalti.

Berselang beberapa menit kemudian timnas Perancis atau yang sering dipanggil juga dengan nama Les Bleus kembali menambah angka menjadi 3-2 dan kali ini Kylian Mbappe yang berperan sebagai bintangnya. Mbappe yang sebelumnya sempat dijatuhkan beberapa kali dibabak pertama kali ini berhasil mencatatkan namanya dipapan skor pada babak kedua. Mbappe berhasil mencetak gol ini dengan tembakkan kaki kanannya ketika tepat berada didepan gawang pada menit-64.

Mbappe yang tidak puas dengan dengan satu gol yang baru saja dimasukkannya langsung kembali memasukkan gol lagi dan gol kedua yang dimasukkannya ini hanya berselang 5 menit dari gol pertamanya. Gol yang dimasukkan oleh Mbappe ini berlangsung dengan sangat cepat, Mbappe yang berlari dari sisi kanan didekat kotak mendapatkan umpan dari Giroud yang tepat berada disampingnya, berlari dengan cepat disaat itu Mbappe pun langsung menendang bola dengan kaki kananya dan bola pun dengan cepat kembali memasuki gawang.

Setelah unggul dengan skor 4-2 dan sisa waktu yang tersisa pada babak kedua kurang dari setengah jam kubu Perancis pun memutuskan untuk menurunkan laju permainannya dan lebih berfokus untuk mempertahankan keunggulannya tersebut.

Hingga waktu dibabak pertama telah habis skor masih tetap bertitik diposisi 4-2, dan kini pertandingan pun memasuki masa Injury Time. Setelah menghabiskan 3 menit di masa Injury Time akhirnya Argentina berhasil memperpendek jarak menjadi 4-3 setelah Sergio Aguero berhasil memasukkan gol, akan tetapi pada akhirnya Argentina tetap harus menerima hasil kalah karena waktu telah habis sebelum timnya berhasil membuat kedudukan seimbang.

Karena hasil akhir 4-3 kemenangan untuk Perancis maka kubu Argentina pun harus mengakhiri perjalanannya dalam ajang Piala Dunia Rusia 2018 sampai disini saja. Ditempat lain Uruguay dan Portugal yang juga mengadakan pertandingan di Fisht Stadium mendapati hasil akhir 2-1 kemenangan untuk Uruguay. Dengan begini sudah dapat dipastikan Perancis akan menghadapi Uruguay di babak perempat final pada tanggal 6 Juli nanti.   ( as )