Prancis Menang Tipis 2-1 Atas Australia

WORLD CUP : Prancis Menang Tipis 2-1 Atas Australia – Laga Grup C pertama dalam ajang Piala Dunia 2018 telah mempertemukan timnas Prancis dengan timnas Australia, kedua tim ini melangsungkan pertandingan di Stadium Kazan Arena dan mengakhiri permainan dengan skor 2-1. Tercatat di situs resmi BBC Prancis sedikit unggul penguasaan bola 56% banding 44%, Prancis juga berhasil melepaskan 13 tembakan dan 6 diataranya tepat ke gawang, sedangkan Autaralia hanya berhasil melepaskan 6 tembakkan dan hanya 1 yang berhasil mengarah ke gawang. Kedua tim ini juga sama-sama mendapatkan masing-masing 1 tembakan penalti di babak kedua.

Jalan Pertandingan

Pada babak pertama kedua tim ini hanay saling memberikan serangan yang tidak membuahkan hasil dan mengakhiri babak dengan skor tetap tidak berubah yakni 0-0. Walau babak pertama diakhiri dengan skor 0-0, namun sesungguhnya Prancis sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Australia, pasalnya Prancis lebih sering berhasil menembus pertahanan tim Autralia dan melepaskan tembakkan ke gawang, walau begitu hal tersebut tetap tidak berpengaruh banyak karena tidak ada satupun yang berhasil menjadi gol.

Dilanjutkan pada babak kedua Prancis kembali bermain dengan lebih mengancam pertahanan tim lawan. Memasuki menit-56 terjadi sebuah pelanggaran didalam kotak penalti pihak Australia. Joshua Risdon pemain bertahan milik timnas Australia tanpa sengaja menjegal Antoine Griezmann yang pada saat itu mengejar bola didalam kotak penalti. Setelah wasit melihat video VAR sejenak Prancis pun diberi hadiah sebuah tendangan penalti pada menit-57. Griezmann yang bertindak mengambil tanggung jawab ini pun dengan percaya diri melepaskan tendangan kencang kesisi kiri gawang yang akhirnya berhasil menjadi angka pertama bagi timnya.

Berselang beberapa menit gantian tim Australia yang mendapat hadiah penalti dari wasit. Namun kali ini kasusnya berbeda, Aaron Mooy yang melepaskan tendangan bebas dari luar kotak penalti tanpa sengaja disenggol oleh Samuel Umtiti dengan tangan kanannya didalam kotak penalti, wasit yang melihat hal tersebut pun melangkah mendekati garis putih dan memberikan hadiah penalti kepada pihak tim Australia. Kubu Australia pun mengutus Mile Jadinak untuk mengeksekusi bola penalti. Jadinak mengambil sedikit ancang-ancang dan kemudian melepaskan tendangan keras yang mengarah lurus kedepan dengan kaki kanannya, Hugo Lloris yang menjadi kiper timnas Prancis pun terkecoh dengan melompat ke sisi kanan gawang dan membiarkan bola masuk dengan mudah ke gawangnya yang membuat skor menjadi imbang 1-1.

Pertandingan pun dilanjutkan dengan skor imbang 1-1, kedua tim sama-sama membangun serangan, operan demi operan diberikan oleh kedua pihak namun belum ada yang berhasil membangun serangan. Memasuki menit-80 Prancis mulai berhasil membangun serangannya, walau celah yang dimiliki sangatlah kecil namun Paul Pogba sukses memasukkan gol usai melakukan beberapa umpan silang dengan rekan setimnya didepan kotak penalti.
Berawal dari pertahan tim Australia yang melemah dan membiarkan kotak penalti tidak terisi pemain, Pogba yang melihat kans tersebut langsung memberikan umpan silang dan maju memasuki kotak penalti, berhasil masuk ke dalam area kotak Pogba pun langsung melepaskan tendangan kuat, bola sempat membentur mistar gawang bagia atas lalu jatuh di melewati garis gawang dan menjadi gol kedua untuk Prancis.

Pertandingan kembali dilanjutkan dengan skor sementara 2-1 ungul Prancis, berjalan 10 menit belum ada gol tambahan yang masuk dan pertandingan mulai masuk ke masa Injury Time. Telah berlalu 5 menit dalam masa Injury Time namun skor masih belum ada berganti, wasit Andres Cunha akhirnya pun meniupkan peluit panjang menandakan pertandingan telah selesai dan menyatakan Prancis menang dengan skor unggul 2-1 atas Australia.   ( as )