Prancis Tempati Posisi Pertama Setelah Kalahkan Kroasia Dengan Skor 4-2

WORLD CUP : Prancis Tempati Posisi Pertama Setelah Kalahkan Kroasia Dengan Skor 4-2 – Laga final ajang Piala Dunia Tahun 2018 yang yang menentukan posisi ke-1 dan ke-2 telah dilangsungkan di Stadium Luzhniki pada tanggal 16 Juli 2018. Laga yang telah ditunggu-tunggu oleh semua orang ini dimainkan oleh kubu Prancis dengan kubu Kroasia.

Laga ini berlangsung dengan sengit untuk kedua pihak tim dan diwarnai dengan total 6 gol dalam sepanjang pertandingan. Masing-masing tim memasukkan sebanyak 3 gol, namun sangat disayangkan bagi pihak tim Kroasia karena gol pertama yang berhasil dimasukkannya adalah sebuah gol bunuh diri, karena gol bunuh diri ini pertandingan akhirnya pun mendapati hasil 4-2 sebagai skor akhir.

Jalan Pertandingan

Pada awal babak pertama kubu Kroasia sukses menekan permainan dari tim lawannya, hingga 10 menit pertama Kroasia berhasil mengirimkan beberapa serangan. Sudah hampir 20 menit semenjak peluit dibunyikan dan Perancis masih belum berhasil memberikan serangan yang berarti, hingga akhirnya pada menit ke-17 pihak Prancis mendapatkan hadiah sebuah tendangan bebas dari wasit karena Antoine Griezmann dijatuhkan oleh pemain tim Kroasia didekat area kotak.

Dengan jarak yang cukup dekat Prancis memiliki kesempatan untuk lebih dulu membuat keunggulan, Griezmann sendiri yang maju mengambil kesempatan ini. Setelah mengambil sedikit ancang-ancang Griezmann melepaskan tendangan keras kearah gawang dengan kaki kirinya, bola melambung dengan cantik kearah gawang melewati para pemain. Mario Mandzukic yang pada saat itu berniat menghalau laju bola melompat dengan tinggi, namun sayangnya usaha yang dilakukan oleh Mandzukic malah justru membuat bola masuk kedalam gawang timnya. Bola yang mengenai kepala Mandzukic menjadi sedikit melambung lebih tinggi namun karena hal tersebut kiper Subasic menjadi kesulitan dan gagal menangkapnya, akhirnya bola pun masuk dan dinyatakan gol pada menit ke-18 babak pertama.

Pertandingan kembali dilanjutkan dengan skor sementara 1-0 unggul Prancis. Kroasia yang telah tertinggal satu angka justru semakin bersemangat dan bermain dengan lebihh agresif lagi. Menit ke-20 Kroasia memberikan serangan kepada kubu Prancis, tetapi serangan gagal menjadi sebuah gol karena tendangan yang dilepaskan oleh Rakitic melambung terlalu tinggi. Dimenit ke-28 pihak Kroasia berhasil mendapat hadiah tendangan bebas didepan area kotak tim musuh, tendangan bebas ini diberikan oleh wasit Nestor Pitana setelah N’Golo Kante berlaku kasar dengan menarik baju Mandzukic.

Luka Modric yang mengeksekusi tendangan bebas mengarahkan bola kesisi kiri kotak penalti, Mandzukic yang berada diposisi pun menyudul bola dan membuatnya mengarah ketengah kotak, bola kembali disambut oleh Vida dengan kepalanya dan diterima oleh Ivan Perisic, setelah melewati satu orang pemain Perisic kemudian melepaskan tembakkan kuat dengan kaki kiri, bola kemudian melesat dengan kencang masuk kedalam gawang menjadikan skor kembali imbang 1-1.

Menit ke-34 Prancis mendapat kesempatan untuk menciptakan gol, namun kesempatan tersebut gagal dimaksimalkan oleh Matuidi karena gagal meraih bola yang melambung sedikit lebih tinggi darinya. Namun pada saat itu wasit merasa ada kejanggalan dan memutuskan untuk melihat VAR, ketika melihat VAR wasit menyadari bola menyentuh lengan Perisic sesaat setelah Matuidi gagal menyundul bola, alhasil wasit pun memberikan hadiah sebuah tendangan penalti kepada pihak Prancis.

Dimenit-38 Antoine Griezmann maju sebagai eksekutor penalti, dengan santai dan penuh percaya diri Griezmann melepaskan tendangan lurus ketengah gawang, Subasic yang pada saat itu terkecoh melompat kesisi kanan sehingga bola dengan mudahnya pun masuk kedalam gawang dan merubah skor menjadi 2-1. Skor ini pun terus dipertahankan oleh kubu Prancis hingga istirahat minum turun dan mengakhiri pertandingan babak pertama.

Dilanjutkan pada babak kedua Kroasia yang sebelumnya tertinggal satu angka pun tampak bermain dengan semangat dan memiliki sejumlah serangan yang telah direncanakan pada istirahat tadi. Dari luar kotak Mandzukic mengirimkan umpan kepada Rebic, berhasil menerima bola Rebic pun langsung melepaskan tembakkan, namun bola gagal masuk karena melambung sedikit lebih tinggi melewati mistar gawang.

Memasuki menit ke-59 Prancis berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol yang dimasukkan oleh Paul Pogba. Gol ini bermula dari Mbapp yang mengirimkan bola ketengah kotak dari sisi kanan gawang, sempat membentur pemain Kroasia namun bola masih berhasil diselamatkan oleh Griezmann dan dioper kepada Pogba, Pogba yang menerima bola dengan cepat langsung menendang bola kearah gawang namun bola berhasil diblok oleh Vida dan kembali memantul ke Pogba, Pogba yang menerima bola kembali melepaskan tembakkan kearah gawang, kiper Subasic yang pada saat itu pandangannya terhalang oleh salah seorang pemain dari kubu Prancis pun tidak dapat melihat arah bola dan akhirnya pun mati langkah sehingga bola dengan mudah kembali memasuki gawangnya.

Prancis kini memimpin permainan dengan skor 3-1, namun meski telah unggul 2 gol timnya masih belum puas dan terus mencari celah untuk menambah keunggulan dan akhirnya tidak lama kemudian mereka berhasil menambah keunggulan menjadi 4-1, kali ini gol berhasil dimasukkan oleh Kylian Mbappe pada menit-65. Berawal dari bola kiriman Hernandez dari sisi kiri yang berhasil diterima dengan baik Mbappe, sedikit mengontrol bola dan kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, disaat itu pertahanan Kroasia kosong sehingga bola langsung mengarah kegawang dan karena Subasic yang sedikit lambat merespon hal tersebut akhirnya gawang tim Kroasia pun kembali kemasukan bola.

Pertandingan kembali dilanjutkan dengan skor 4-1, dalam keadaan ini Kroasia tertinggal cukup jauh tetapi timnya masih belum menyerah. Hanya berselang beberapa menit setelah gawangnya kebobolan akhirnya Kroasia pun berhasil memberikan perlawanan dengan memasukkan gol balasan dimenit-69. Berawal dari blunder yang dilakukan oleh Hugo Lloris didepan gawangnya, karena Lloris yang terlalu lama mengoper bola akhirnya Mandzukic pun memotong operan dengan kakinya, dengan cepat bola yang berhasil dipotong Mandzukic masuk kedalam gawang Prancis.

Pertandingan pun kembali dilanjutkan dengan skor 4-2 dan babak kedua kini tersisa kurang dari 30 menit. Disisa waktu ini Kroasia lebih dominan bermain menyerang daripada bertahan karena timnya berniat untuk mengejar ketinggalannya. Beberapa kali Kroasia mendapat peluang emas lewat serangan Luka Modric, Mandzukic dan Vrsaljko, namun masih belum ada satupun serangan yang berhasil masuk menjadi gol.

Di sepuluh menit terakhir pertandingan Kroasia kemabli menggempur pertahanan Prancis dengan serangan-serangan yang dilancarkan Rakitic, Pjaca, dan Vrsaljko namun hingga waktu habis dan babak kedua memasuki masa Injury Time pihak tim Kroasia masih belum berhasil mengubah papan skor. Setelah menghabiskan waktu selama 6 menit dimasa Injury Time dan Kroasia masih juga belum berhasil membuat perubahan wasit Nestor Pitana oun memutuskan untuk mengakhiri laga ini dengan bunyi peluit panjangnya.

Dengan hasil pertandingan ini maka sudah kita dapatkan juara dari ajang Piala Dunia Tahun 2018. Prancis menjuarai posisi pertama, diposisi kedua ditempati oleh Kroasia, dan juga ada Belgia yang mengisi posisi ketiga dalam ajang kejuaraan bergengsi yang diadakan 4 tahun sekali ini.  (as)