Uruguay Menang Telak 3-0 Atas Rusia

WORLD CUP : Uruguay Menang Telak 3-0 Atas Rusia РLaga terakhir Grup A dalam ajang Piala Dunia Rusia 2018 telah memperjumpakan Uruguay dengan sang tuan rumah Rusia. Laga pertandingan ini berlangsung di Stadium Samara Arena pada tanggal 25 Juni 2018 dan diakhiri dengan kemenangan Uruguay dengan skor 3-0 atas Rusia.

Sesungguhnya kedua negara ini telah dapat dipastikan akan lolos maju memasuki babak selanjutnya, namun meski begitu laga pertandingan ini tetap harus dilangsungkan untuk menentukan negara manakah yang memiliki posisi lebih tinggi didalam Grup ini.

Dibabak pertama Uruguay yang memulai awal pertandingan dengan baik sukses mencuri 1 angka dari tim lawannya Rusia. Gol yang terjadi pada menit ke-10 babak pertama ini dimasukkan oleh Luis Suarez. Gol ini berawal dari Rodrigo Bentancur yang dijatuhkan oleh Yury Gazinsky tepat di depan kotak penalti pada menit-9, akibat kejadian ini Gazinsky diberikan sebuah kartu kuning dari wasit dan Uruguay dihadiahi sebuah tendangan bebas.

Memasuki menit-10 Luis Suarez yang diutus untuk mengeksekusi bola bebas ini langsung melepaskan tendangan dengan kaki kirinya, bola yang telah ditendangan oleh Suarez pun bergulir datar diatas rumput menuju pojok kanan gawang dan berhasil masuk menjadi gol usai melewati kiper Igor Akinfeev yang pada saat itu menjadi sang penjaga gawangnya.

Usai gol yang dimasukkan oleh Uruguay ini kubu Rusia pun langsung melancarkan serangan balasan, dalam serangan balik ini Artem Dzyuba yang berhasil menerima umpan jauh dari tengah lapangan langsung maju melewati pertahanan tim musuh, sampai ditepi garis area kotak dirinya pun langsung melepaskan tembakkan jarak jauh, tetapi sayangnya bola yang melaju dengan kencang itu masih berhasil dihentikan oleh kiper Fernando Muslera dan gagal menjadi sebuah angka bagi timnya.

Skor 1-0 yang tidak menguntungkan bagi kubu tuan rumah ini terus berlanjut hingga akhirnya pun sebuah bencana bagi Rusia terjadi dengan adanya gol bunuh diri dari sang pemain gelandang Denis Cheryshev dimenit-23. Gol bunuh diri dari Cheryshev yang terjadi dengan tidak sengaja ini berawal dari Diego Laxalt yang berhasil mendapat bola liar hasil sepak pojok, Laxalt yang pada saat itu berada diluar kotak melepaskan tembakan keras kearah gawang, bola kemudian membentur kaki Cheryshev dengan cukup kuat sehingga merubah arah bola yang pada akhirnya berakhir didalam jaring gawang dan menjadi gol kedua bagi tim dengan panggilan La Celeste.

Pertandingan kini telah melewati waktu setengah jam dibabak pertama dan skor sementara masih tetap 2-0 unggul untuk pihak Uruguay, dalam keadaan ini Rusia sedang berada didalam kondisi yang tidak menguntungkan. Didalam keadaan tidak bagus ini Rusia justru harus mendapat lebih banyak kesulitan lagi dengan dikeluarkannya Igor Smolnikov dari lapangan usai mendapat kartu kuning kedua dari wasit karena menjatuhkan Laxalt dengan keras, karena hal ini Rusia terpaksa harus melanjutkan pertandingan hanya dengan sisa 10 orang pemain diatas lapangan.

Dengan kondisi yang tidak berimbang ini permainan pada menit-menit terakhir babak pertama pun menjadi kurang menarik, disisi lain La Celeste yang telah unggul dengan 2 gol pun memutuskan untuk tidak bermain menyerang dan berfokus untuk mempertahankan kedudukan ini hingga istirahat turun minum tiba sehingga babak pertamapun berakhir dengan skor 2-0.

Pertandingan dilanjutkan ke babak dua, Rusia yang telah tertinggal skor 2-0 dan bermain hanya dengan 10 pemain pun terpaksa harus bekerja lebih ekstra dibabak ini. Timnas Rusia yang berusaha lebih tampak bermain dengan intensitas serangan yang jauh lebih tinggi dan terarah dibandingkan dari babak sebelumnya, disisi lain Uruguay yang terus menerima serangan dari kubu Rusia pun berada didalam posisi tertekan dan kesulitan untuk menyerang balik.

Kondisi 2-0 ini terus bertahan tanpa adanya perubahan sedikitpun hingga menjelang akhir babak kedua. Pada menit-menit terakhir babak kedua ini Uruguay yang memberikan serangan balik kepada Rusia berhasil sukses menambahkan sebuah gol lewat Edinson Cavani.

Pada awalnya Diego Godin yang bersiap didepan gawang melompat menanduk bola hasil sepak pojok dari rekan setimnya, namun bola hasil sundulan Godin berhasil ditepis oleh kiper Akinfeev, akan tetapi Cavani yang pada saat itu tepat didepan garis gawang langsung menyambar bola liar tersebut dan menjadikannya sebuah gol sebagai kontribusi bagi timnya.

Skor kini menjadi 3-0 untuk Uruguay, dalam kondisi ini Rusia sudah dapat dipastikan tidak dapat mengejar kembali dan babak kedua pun diakhiri dengan skor 3-0 setelah babak kedua melewati masa Injury Time 5 menit. Dengan kemenangan ini Uruguay pun menduduki posisi pertama dalam Grup A dengan total 9 poin dan diikuti oleh Rusia dengan 6 poin.   ( as )